Pengenalan Lingkungan Kepada Anak Usia Dini
Lingkungan yang dimaksud memiliki arti yang luas termasuk lingkungan pada anak (dirinya sendiri), keluarga dan rumah. Selain itu pengamatan lingkungan alam sekitar penting dilakukan untuk perkembangan dan pertumbuhan kecerdasan pengenalan lingkungan sekitar. Terutama kecerdasan kinestetis, naturalis, spasial dan kecerdasan logis berkembang ketika anak melakukan pengenalan lingkungan.
1. Lingkungan Sekitar
Pembelajaran di ingkungan sekitar dapat menarik perhatian atau pusat minat anak dengan bahan /media yang ada di sekitarnya. Karena pembelajaran anak usia dini tidak harus belajar di kelas, namun juga butuh belajar di alam bebas untuk menjadi daya tarik anak usia dini. Pembelajaran diluar kelas dapat menghilangkan kejenuhan anak-anak saat belajar di kelas.
2. Pengenalan Alam Sekitar
Mengajak anak usia dini belajar di alam bebas untuk mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar, agar anak mendapat pengetahuan yang lebih banyak dan pengalaman baru.
3. Pembelajaran melalui alam sekitar
Karena anak usia dini memiliki rasa ingin tau yang tinggi terhadap sesuatu atau minat observasi yang kuat kepada lingkungan.